Share It

Jumat, 16 November 2012

RPP BAHASA INGGRIS KELAS X SEMESTER 1



Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMK KESEHATAN ALYASINI
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 94 x 45 menit

Standar Kompetensi
·         Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
Kompetensi Dasar
·         Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
Indikator
·         Ucapan salam (greetings) pada saat bertemu dan berpisah digunakan secara tepat
·         Memperkenalkan diri sendiri dan orang lain diperagakan dengan tepat
·         Berbagai ungkapan  terima kasih dan responnya digunakan secara tepat
·         Berbagai ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta responnya diperagakan secara tepat
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
­   Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
­   Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
­   Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun.
­   Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
2.    Materi Pokok
v  Greetings and leave takings
­   Good morning.
­   How are you?
­   I’m fine, thanks
­   See you later.
v  Introducing
­   May I introduce myself. I am Budi.
­   Ani, this is Ida.
­   Nice to meet you.
v  Thanking
­   Thank you very much.
­   You are welcome.
v  Apologizing
­   I am sorry for ...
­   Please forgive me ..
v  Grammar Review
·         Personal Pronoun (Subject  &  possessive)
­   I – my
­   You – your
·         Simple Present Tense : to be & Verb 1
·         Adjectives showing colours, quality, size, shape, age, origin, material
­   green, good, big, old, Indonesian, wooden, dsb.
3.    Metode Pembelajaran/Teknik:
 Three-phase technique
4.    Langkah-langkah Kegiatan
v  Kegiatan Awal 
­   Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Novice
v  Kegiatan Inti
·         Membaca penjelasan Listening
­   Matching pictures with words
­   Dictation
­   Listening for information
·         Listening
­   About greetings, introducing, thanking, leave takings, and apologizing
­   Listening for information
­   Dictation
·         Speaking
­   Saying greetings,  introducing, thanking, leave takings, and apologizing
­   Role playing, dialogues, introducing, thanking, leave takings, and apologizing
­   Telling one’s self
·         Reading for information
­    Short  passages
­     Dialogues
·         Writing
­   Completing dialogues
­   Arranging jumbled dialogues
­   Composing dialogues
v  Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

5.    Sumber/Bahan/Alat
§  Breakthrough
§  Global Access to the World of Work
§  Person to Person.
§  Grammar in Use
6.    Penilaian
§  Teknik: Performance Assessment (responding)
§  Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog


Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................. )
  NIP :

…………………,…….
Guru Mata Pelajaran




( ............................. )
NIP :

                                                                                   
                                                                       

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMK KESEHATAN ALYASINI
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 94 x 45 menit

Standar Kompetensi
·         Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
Kompetensi Dasar
·         Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
Indikator
·         Nama-nama benda dan kata yang mendeskripsikan benda yang terkait dengan warna, bentuk, asal (origin), ukuran, bahan, jumlah dan kualitas disebutkan dengan tepat.
·         Kata-kata yang mendeskripsikan orang yang terkait dengan profesi, kebangsaan, ciri-ciri fisik, kualitas, dan aktifitasnya disebutkan dengan tepat.
·         Waktu (time of the day), nama-nama hari/tanggal, bulan, tahun disebutkan dengan tepat.
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
­   Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
­   Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
­   Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun.
­   Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
2.    Materi Pokok
·         Adjectives showing colours, quality, size, shape, age, origin, material
­   green, good, big, old, Indonesian, wooden, dsb.
·         Profession, nationality
·         Adjectives showing physical (appearance), non-physical (characteristic)
­   beautiful, humorous dsb
·         Nouns showing time, day, date, month, year
­   six o’clock, Sunday, 1st of May, July, 2006
·         Grammar review:
­   Singular – plural nouns.
      (book – books box – boxes child children fish – fish)
3.    Metode Pembelajaran/Teknik:
 Three-phase technique
4.    Langkah-langkah Kegiatan
v  Kegiatan Awal 
­   Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Novice
v  Kegiatan Inti
·         Membaca penjelasan Listening
­   Matching pictures with words
­   Dictation
­   Listening for information
·         Listening:
­   Matching pictures with words.
­   Dictation
­   Listening for information
·         Speaking:
­   Describing things, people, profession, and nationalities
­   Telling numbers, responding to questions about numbers.
­   Discussing things based on physical appearance.
­   Role playing dialogues

·         Reading:
­   Understanding and discussing passages.
·         Writing:
­   Describing things
­   Matching numbers and the way they are said.
­   Arranging jumbled paragraphs.
­   Composing dialogues involving the use of numbers in various contexts
­   Writing paragraphs based on pictures.
v  Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

5.    Sumber/Bahan/Alat
§  Breakthrough
§  Global Access to the World of Work
§  Person to Person.
§  Grammar in Use
6.    Penilaian
·         Tes lisan
­   Mendeskripsikan gambar secara  lisan
·         Tes tertulis
­   Melengkapi  kalimat
­   Pilihan Ganda
­   Memberi   label pada   gambar
­   Menjawab pertanyaan cerita.


Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................. )
  NIP :

…………………,…….
Guru Mata Pelajaran




( ............................. )
NIP :

                                                                                   

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMK KESEHATAN ALYASINI
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 94 x 45 menit

Standar Kompetensi
·         Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
Kompetensi Dasar
·         Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
Indikator
·         Bilangan (cardinal / ordinal) digunakan dengan tepat dalam berbagai konteks.
·         Kata-kata dirangkai dengan tepat untuk mendeskripsikan benda berdasarkan warna, bentuk, asal (origin), ukuran, bahan, jumlah dan kualitas.
·         Kata- kata dirangkai dengan tepat untuk mendeskripsikan orang yang terkait dengan profesi, kebangsaan, ciri-ciri fisik, kualitas, dan aktifitasnya.
·         Kata-kata dirangkai dengan tepat untuk mendeskripsikan suatu kejadian berdasarkan waktu (time of the day), nama-nama hari/tanggal, bulan, tahun.
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
­   Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
­   Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
­   Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun.
­   Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
2.    Materi Pokok
v  Cardinal and ordinal numbers
­   ten, twenty, first, fifth, dsb
v  Adjectives of quality: good, beautiful, dsb
v  Adjectives of size: big, small, dsb.
v  Adjectives of shape: round, straight, dsb.
v  Adjectives of age: old, new, dsb.
v  Adjectives of colour: blue, red, dsb.
v  Nationality, profession
­   John is an American.
­   He is a very busy chef
v  Adjective in series: A beautiful big U-shaped wooden house.
v  Description of events:
­   The accident happened at nine PM on Monday, the 26th of July 2006.
Antonym / synonym

3.    Metode Pembelajaran/Teknik:
 Three-phase technique
4.    Langkah-langkah Kegiatan
v  Kegiatan Awal 
­   Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Novice
v  Kegiatan Inti
·         Membaca penjelasan Listening
­   Matching pictures with words
­   Dictation
­   Listening for information
·         Listening:
­   Matching pictures with words.
­   Dictation
­   Listening for information
·         Speaking:
­   Describing things, people, profession, and nationalities
­   Telling numbers, responding to questions about numbers.
­   Discussing things based on physical appearance.
­   Role playing dialogues
·         Reading:
­   Understanding and discussing passages.
·         Writing:
­   Describing things
­   Matching numbers and the way they are said.
­   Arranging jumbled paragraphs.
­   Composing dialogues involving the use of numbers in various contexts
­   Writing paragraphs based on pictures
v  Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

5.    Sumber/Bahan/Alat
§  Breakthrough
§  Global Access to the World of Work
§  Person to Person.
§  Grammar in Use
6.    Penilaian
§  Tes lisan
­   Mendeskrip sikan gambar
­   Menyebut-kan waktu,  bilangan.
­   Menceritakankejadian  secara lisan.     
§  Tes tertulis:
­   Pilihan ganda
­   Menjodoh-kan gambar.
­   Menyusun paragraph pendek.
§  Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog


Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................. )
  NIP :

…………………,…….
Guru Mata Pelajaran




( ............................. )
NIP :

                                                                                   

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran
( R P P )

Nama Sekolah         :  SMK KESEHATAN ALYASINI
Mata Pelajaran        : Bahasa Inggris
Kelas/Semester      : X/1
Alokasi Waktu         : 94 x 45 menit

Standar Kompetensi
·         Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Novice
Kompetensi Dasar
·         Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar
Indikator
·         Ungkapan penyesalan dan permintaan maaf serta pemberian responnya disampaikan dengan tepat.
·         Ungkapan simpati serta pemberian respon terhadapnya disampaikan dengan tepat
·         Ungkapan berbagai perasaan disampaikan dengan tepat
·         Ungkapan permintaan dan pemberian ijin disampaikan dengan tepat
·         Ungkapan perintah dan permintaan digunakan secara tepat.
·         Ungkapan penawaran barang dan jasa digunakan secara tepat.
1.    Tujuan Pembelajaran
Siswa dapat :
­   Memahami ungkapan-ungkapan dasar pada interaksi sosial untuk kepentingan kehidupan
­   Menyebutkan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun
­   Mendeskripsikan benda-benda, orang, ciri-ciri, waktu, hari, bulan, dan tahun.
­   Menghasilkan tuturan sederhana yang cukup untuk fungsi-fungsi dasar.
2.    Materi Pokok
v  Greetings and leave takings
­   Good morning.
­   How are you?
­   I’m fine, thanks
­   See you later.
v  Introducing
­   May I introduce myself. I am Budi.
­   Ani, this is Ida.
­   Nice to meet you.
v  Thanking
­   Thank you very much.
­   You are welcome.
v  Apologizing
­   I am sorry for ...
­   Please forgive me ..
v  Grammar Review
·         Words and expressions used to show regrets and apologies:
­   I’m sorry that ...
·         Words and expressions used to express sympathy:
­   I’m sorry to hear that ..
·         Adjectives for expressing feelings:
­   happy, terrible, sad,   etc
·         Adjectives ‘ –ing’ vs  ‘-ed’
­   boring ›‹ bored
·         Adjective set expressions
­   get bored; turn bad, etc
·         Subject – verb agreement:
­   John is very happy to see you
·         Words and expressions used in asking for and giving permission:
­   May I use the phone?
­   You can leave now.
·         Grammar: Modals + Auxiliary
·         Expressions and verb forms used  in commands and requests:
­   Can you lend me a pen, please?
­   Come here!; Stand up!
·         Responses to commands:
­   Yes, I will.
­   Certainly.
·         Expressions used for offering things and services.
­   Would you like to have some tea?
­   Would you like to taste this food?
3.    Metode Pembelajaran/Teknik:
 Three-phase technique
4.    Langkah-langkah Kegiatan
v  Kegiatan Awal 
­   Siswa menganalisa ungkapan Bahasa Inggris setara Level Novice
v  Kegiatan Inti
·         Membaca penjelasan Listening
­   Matching pictures with words
­   Dictation
­   Listening for information
·         Listening:
­   Dictation
­   Listening for information
­   Completing passages
·         Speaking:
­   Pronunciation practice
­   Dialogue practice
­   In pairs, creating and practising dialogues dealing with regret and apoligies, simpathy, asking for and giving information, offering things and services.
­   Expressing feelings about certain events
·         Reading:
Reading for information:
­   Dialogues
­   Stories which stimulate readers’ emotion
·         Writing:
­   Completeing Dialogues
­   Rearranging jumbled dialogues
­   Composing short stories (good or bad experiences)
v  Kegiatan Akhir (10’)
·         Siswa mendapat feedback dari guru dan mereview ungkapan yang digunakan untuk berkenalan, bertemu dan berpisah.

5.    Sumber/Bahan/Alat
§  Breakthrough
§  Global Access to the World of Work
§  Person to Person.
§  Grammar in Use
6.    Penilaian
§  Teknik: Performance Assessment (responding)
§  Bentuk: Pertanyaan lisan & dialog


Mengetahui
Kepala Sekolah




( ............................. )
  NIP :

…………………,…….
Guru Mata Pelajaran




( ............................. )
NIP :


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar